Kabar Baik Hari Ini

Haloooo…

Diary MS di sini šŸ™‚

Sudah hampir dua minggu sejak badan saya berasa ga enak. Alhamdulillah, hari ini badan terasa lebih segar. Kepala masih sakit sih, kaki juga masih ga enak untuk jalan, tapi nyeri di badan sudah berkurang dan keseimbangan tubuh sudah membaik. Sudah bisa jalan lurus dong, ga gliyeng-gliyeng lagi. Alhamdulillah.

Hari ini saya ambil hasil MRI. Waw saya sudah empat kali MRI sejak bulan maret 2016 hehe. Kebayang deh yang punya phobia ruang sempit, pasti menderita banget harus MRI berkali-kali. Untungnya saya ga punya phobia itu, jadi kalau harus MRI yang durasinya 1-2 jam di dalam tabung sempit, saya bisa nyambi tidur. Halah hehe.

Kembali ke hasil MRI, Alhamdulillah MRInya bilang tidak ada lesi (luka) baru di otak saya. Bekas luka lama (halah luka lama) masih ada, dan konon luka di otak tidak bisa sembuh (ini luka otak atau luka diputusin mantan deh hehe). Yaudah, diterima dengan ikhlas. Peruntuh dosa-dosa Insya Allah. Jadi kalo sakit kepala, keram kepala, ya dinikmati saja, pertanda masih hidup hehehe. Yang terpenting:

Tidak ada lesi baru!



Kenapa tidak ada lesi baru itu penting? 

Karena, sampai hari ini saya didiagnosa oleh dokter terkena RRMS – relapsing remitting MS: MS yang sifatnya kambuhan. Kalau beruntung maka saya bisa aja ga kambuh-kambuh lagi sampai puluhan tahun ke depan, aamiin. Artinya, selama masa remisi tidak ada lesi baru yang muncul. Tidak ada luka baru.

Nah tapi kemaren karena saya kesakitan, dan histori MRI saya sejak maret lalu selalu menunjukkan fase aktif (relaps), dokter curiga jangan-jangan MS saya naik kelas jadi yang progressif. MS progressif ini gampangannya adalah MS yang dalam periode pendek selalu timbul luka baru, gejala baru dan disabilitas baru. Tidak ada waktu jeda atau remisi. Melihat lesi saya yang selalu aktif tersebut, dokter menyarankan untuk MRI lagi, melihat adakah luka baru.

Yang alhamdulillaaaaah tidak ada. Alhamdulillah. Jadi PR saya sekarang adalah menjaga agar tidak cape dan stress, agar lesi yang aktif bisa segera padam. Jadi ga menimbulkan rasa sakit lagi. Semoga yaa. Aamiiin.

Ini adalah gambar MRI saya. Lihat dua titik putih di sebelah kanan? Nah itu luka di otak. Luka tersebut menurut dokter mengenai bagian konsentrasi dan keseimbangan tubuh. Akibatnya, saya merasa sulit untuk jalan lurus. Bawaannya mencong kiri kalau dalam kasus saya. Ketika saya tes di siloam, saya diminta jalan di tempat dengan mata tertututup selama dua menit. Ketika saya membuka mata ternyata arah saya melenceng lebih dari 30derajat dibanding arah semula hehe. 

Kalo kamu mau mencoba apakah keseimbangan tubuhmu masih bagus, coba tes dari dokter saya tersebut: jalan di  tempat dengan mata tertutup selama dua menit. Lihat hasilnya, jika mata sudah dibuka, arah kamu miring ga dari arah semula? Kalo miring, berapa derajat? Kalo lebih dari 30 derajat? Mmhmmm kayanya ada sedikit masalah dengan keseimbangan kamu hehe.

Cheers

-dian

11 thoughts on “Kabar Baik Hari Ini

  1. Semoga lekas sembuh bu.. semoga selalu dimudahkan dan diberi kesabaran dalam pengobatannya.. btw, itu tesnya kok sama kaya di alun2 kidul ya?

Leave a Reply

