End season sale!

Wohooooo…

Jadi sebagaimana kita ketahui bahwa fashion retail sering dikritisi karena cepet banget ganti koleksinya. Nah sekarang gue lagi mikir, yang mengkritisi kaya begitu mungkin hidup di negara tropis, atau di negara yang cuma punya satu musim sepanjang tahun.

Karena setelah berada di negara empat musim begini, baru saya sadar pentingnya outfit yang cocok untuk musim yang berbeda. Impak turunan dari hal tersebut adalah, ya pedagangnya harus nyediain koleksi yang berubah tiap hampir dua bulan sekali. (Disini soale dikenal mid season juga, jadi kaya perantara antar musim yang karakter suhunya juga beda).

Sebagai contoh, awal saya baru tiba di sini adalah pertengahan autumn. Warna fashion autumn banyak ke warna tanah, mengikuti warna-warna daun jatuh kayanya. Nah saat saya datang, autumn collection yang warna tanah itu mulai didiskon, tp blm banyak. Palingan 30%. Di rak mulai banyak new arrival koleksi mid autumn dengan warna lebih gelap dan coat lebih tebal berbahan parasut/kulit. Karena pada pertengahan autumn suhu menjadi lebih dingin, walau belum sedingin winter, banyak angin dan hujan. Sehingga coat parasut/kulit lebih cocok untuk mid autumn dan juga awal winter.

Sebulan kemudian saya ke emol dan melihat semua autumn collection udah di taro di rak diskon dengan harga fantastis (diskonnya bisa sampe 80%, dan beneran 80%, ga dinaekin dulu kaya ritel2 indonesia). Mereka mendiskon ya bener2 dalam rangka buang barang. New arrivalnya adalah winter collection dengan ciri coat thermal parasut tebal+capucon dan neck protector. Boat sedengkul dengan grip sole yang anti slip. Juga sweater/fleece tebal dari bahan wool (kalau autumn mostly rajutannya dari bahan synthetic jadi ga setebal wool).

Demikianlah musim sangat mempengaruhi fashion di negara empat musim.

Saat ini bulan Februari di Leeds, early spring collection mulai masuk rak. Winter collection beberapa mulai di diskon dengan rate masif aduhai. Bagi saya yang pakaiannya muslim lengan panjang, ini mah surga banget! Cardigan, sweater, long sleeves t shirt, dijual cuma dengan harga £3, yang harga sebelumnya bisa £15-£20. Itu yang ritel chain asli uk ya, macem di primark, debenhams, M&S.

*M&S pertama kali membuka tokonya di Kirkgate Market Leeds. Hingga hari ini, kios tersebut masih dilestarikan sebagai tempat menjual merchandise M&S

Ritel chain asing juga ada diskonnya. Tapi karena koleksi mereka mengikuti musim di negara asalnya, jadi buat saya ga terlalu relevan. Raknya Gap, H&M, Kors, udah penuh dengan koleksi spring. Mungkin karena di US sudah mulai spring. Padahal di UK belom bisa dipake karena disini suhunya masih -1 celcius hohoho..

Jadi impaknya bagi saya: seneng sih ada ganti musim gini, jadi banyak sale yang buat saya kepake banget hahaha. Kalo di Indonesia ya ga terlalu relevan juga. Ganti koleksi di Indonesia lebih ke arah ganti motif/cutting ya, karena dari sisi fungsi ga berubah secara sepanjang tahun cuacanya relatif mirip.

Demikianlah analisa ala-ala fashion sale saya.

Cheers

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s