Hak properti intelektual

Jadi karena internet maha cepat yang tersedia di rumah dan kampus (etapi kalo soal cepat sih masih lebih cepat internet di lab komputer kampus UGM saya, tapi untuk internet serat optik/ wifi di UK ini juara deh), saya jarang download2 lagu dan film lagi. Saya biasanya streaming lagu dari youtube atau film dari dramago/ bioskop25. Karena ga ada perkara buffering lah ya di sini.

Kecuali kalau ada rencana piknik, dan ga yakin akan dapet fasilitas internet yang layak di hotel maka saya akan sangu donlotan serial korea. Kesannya sudah ga terlalu bajakan banget gitu ya kalo streaming ketimbang download. (Ya lukiraaa? Sama aja kali hahaha). Dan seperti hasil skripsi S1 saya tentang intensitas moral dan niat untuk membajak/memutar lagu/film bajakan: di Indonesia intensitas moral tentang bajak-membajak sangat rendah, akibatnya menggunakan barang bajakan tersebut tidak dianggap sebagai hal yang menyalahi norma/moral. Yaa kalo kata abege jaman sekarang: “biasa aja keleeuus” (its very common to use piracy software/song/movie/book in our – eh gue doang kali ya – daily life – without feel guilty).

Hingga suatu hari tetangga apartemen atas saya kan suka banget tuh nyetel musik jedag-jedug, keknya dia kalo di Indonesia adalah mantan anak bengkel scbd yang udah tutup dan ganti jadi arena (halah).

Trus suatu hari bertemulah kami di tangga, dan saling menyapa. Oh iya dia lelaki kulit hitam yang saya ga tau dari negara mana. Kalo tetangga sebrang unit saya perempuan cantik bule tinggi yang sering banget ngetok pintu apartemen saya karena.. “Hai you left your key outside..” Katanya sambil nunjuk kunci pintu saya yang cumantel di luar, yang mana kalo di Indonesia udah menggoda maling atau orang iseng banget. Hohohooo si gueee, udah pendek ga cantik sering lupaan pula nutup pintu luar apartemen dan ninggalin kunci di bagian luar pintu ^^

Teruus, kembali ke tetangga kulit hitam saya.. Dia nanya: “what is song title that you played recently?” Kemudian dia berguman senandung lagu photograph-nya ed sheeran (oh okay, brarti dia sering muter lagu kenceng2, dan gue juga sama aja, sampe dia bisa hapal gitu. Hahaha)

Terus gue jawab ed sheeran, biasanya aku puter dari youtube. Aku juga punya file mp3nya dari itunes. Kenapa?

Gapapa, lagunya bagus.

Teruuus gue kelepasan doong bawa2 kebiasaan indonesia: “do you want to copy its mp3 file from me?”

“No, its illegal. It’s okay i will buy it at itunes also.”

Dan gue langsung terdiam. Daaammmn. Dian! Malu-maluin banget kaaaaan!

Jadi begitulah pola pikir gue yang terbiasa tanpa mikir dan merasa bersalah menduplikasi ciptaan orang lain, bahkan menyebarluaskannya ke orang lain lagi.

Gue sedang berusaha memperbaiki diri sekarang. Semoga pas balik ke Indonesia ga kumat lagi.

Love
-Leeds, 19 Januari 2015
Suhu di luar -2C, kecepatan angin cuma 13 kmh.

Leave a Reply

