Leeds-2: difable access

Awal-awal ketika saya tiba di Leeds dan melakukan adaptasi dengan cara nongkrong di city center (halah nonkrong, halah city center), saya pernah berfikir: “banyak difabel ya di sini, apa karena difabel di UK jumlahnya lebih banyak ketimbang di Indonesia?”

Kemudian seiring berjalannya waktu saya jadi sadar, bukan jumlah difabel UK yang lebih banyak dari Indonesia, melainkan pemerintah UK yang sangat berkomitmen untuk memberi kemudahan bagi difabel. Karena komitmen pemerintah inilah kaum difabel di UK bisa melakukan aktivitasnya tanpa banyak tergantung orang lain.

(Jadi tergoda untuk banding2in deh. Gapapa ya, sedikit)…

Kalo di Indonesia, misalkan ada orang yang divonis harus pakai kursi roda pasti akan langsung berasa dunia berakhir karena ga bisa kemana-mana. Sementara kaum difabel di UK sangat mandiri. Mereka bisa berpergian dengan bus, karena memang disediakan tempat khusus untuk wheelchair, juga pijakan bisnya bisa disesuaikan untuk wheelchair. Kemudian pintu2 gedung memiliki akses untuk difabel. Juga lift dan lifter. Untuk tempat2 ramai seperti di city center, ada tempat untuk minjem kendaraan spt bom2car untuk difabel/manula yang hendak berbelanja.

Demikianlah sehingga difabel di UK tetap bisa grocery shopping, ke bank, mengunjungi sanak saudara, kuliah, dll dengan mandiri. Makanya mereka terlihat banyak berseliweran di jalan. Mobilitas mereka cukup tinggi.

Keren. Ketika manusia memanusiakan manusia lainnya…

IMG_1409-0.JPG

Tempat parkir khusus

IMG_1395-0.JPG

Lifter, untuk tempat2 yang ga ada ramp naik/turun.

IMG_1396-0.JPG

Pintu otomatis

IMG_1398-0.JPG

*nb: saya pakai kata difabel karena di Indonesia mereka lebih suka disebut demikian ketimbang disebut disable. Difabel adalah kependekan dari Different ability. Yes, they are great, they are have different ability 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s