5 CM dan Habibie Ainun

Ada dua film Indonesia yang katanya booming banget. Kayanya sih begitu ya, karena ketika saya nonton dua film itu, bioskopnya penuh nuh nuh nuh. Keren!

5 cm dan Habibie & Ainun.

Keduanya diadaptasi dari buku dengan judul yang sama.

Untuk 5 cm, saya mengacungi jempol atas keberaniannya mengangkat genre baru yang tidak sekedar ngesot dan pocong. Tema perjuangan dan petualangan anak muda masih jarang diangkat di film indonesia. Film ini bisa jadi inspirasi untuk kita agar lebih teguh tekadnya 🙂

Sedikit kritik untuk film 5 Cm, diluar dialog tekad yang kadang agak lebay, outfitnya bok, outfiiiiittt.

Saya tidak tahu, apakah agar film ini tetap terasa kekinian dan remaja, makanya digambarkan naik gunung pake celana jeans ketat dan perbekalan seadanya. Atau karena memang advisor wardrobenya yang kurang oke. Haduh.

Buat yang ngerti naik gunung palingan nyengir aja, bakal bilang “hidup ga semudah itu adek2.” Hehehe. Tapi yang fatal ya untuk dedek2 yang belom pernah naek gunung, entar nekat pulak mereka gampangin, kabur dari rumah, pergi sama temen2nya naek gunung dengan kemampuan navigasi cetek dan keamanan rendah. Semeru nanti dikira segampang macam pergi ke kawah putih atau tangkuban perahu gitu kali ya hehehe.

Mestinya sebelum mulai dikasih tulisan kali ya: “situasi naik gunung, sesungguhnya lebih dramatis dari apa yang tergambar di film ini. Don’t try this at home, apalagi tanpa pengawasan profesional.” Hehehe…

– – – – –

Habibie & Ainun

Sejak pertama buku ini rilis, saya langsung baca dan suka. Dan terus terang jadi panutan tentang gimana jadi istri yang baik, dan gimana idealnya menjalani rumah tangga hehehe.

Tentang kisah cintanya, sudah ga perlu diragukan, menyentuh. Saya nangis hampir di sepanjang film.

Tapi yang lebih penting lagi, film ini menggambarkan tekad dan perjuangan. Mirip dengan 5 Cm, dengan genre berbeda. Secara saya sering tereak2 klo negara kita kurang role model panutan gitu kan ya, jadi ada film yang temanya tekad dan motivasi spt habibie+5cm ini, saya seneng banget.

Tentang bagaimana seorang Habibie, memperjuangkan mimpinya membangun industri pesawat terbang. Ketika adegan N250 terbang perdana, saya langsung kepikiran para mantan karyawan IPTN, mereka yang menonton pasti diliputi haru teringat perjuangan mereka membangun pesawat itu, sblm akhirnya iptn dibubarkan.

Intinya, kita bisa. Saya sempat menyesal sesudah reformasi, kehidupan bernegara kita tersedot untuk agenda politik. Sumber daya untuk hal-hal semacam teknologi, pangan, kemanusiaan, jadi terpinggirkan. Saya menaruh banyak harapan, dengan adanya film ini, semoga orang-orang sadar kalo kita pernah bisa. Pridenya timbul, dan mulai serius mikirin bangsa ini, ga cuma sibuk berpolitik. Hiks.

Dan satu hal lagi, ini bukan hanya tentang kisah cinta. Saya melihat film ini sebagai rekonstruksi sejarah. Tentang bagaimana konflik saat 98, lalu krisis ekonomi (itu buble ekonomi loooh, disebabkan karena kita terlalu banyak utang, utang itu timbul karena kita kebanyakan impor. Hayoo yang pro impor, siap2 kembali ke masa buble lalu meletus. Tus.), bagaimana referendum timor leste, bagaimana bisa jadi banyak partai, bagaimana dengan besar hati Habibie memilih untuk tidak mencalonkan diri lagi.

Tuntunannya secara islam sudah ada, kalo memilih pemimpin, pilihlah yang tidak mencalonkan diri, karena mereka tahu beratnya mengemban amanah, makanya mereka ga mau mencalonkan diri, dan ketika orang2 yang ga mencalonkan itu terpilih, maka mereka akan melaksanakan amanahnya dengan sebaik-baiknya. Intinya, kalau saja bisa milih presiden yang ga mencalonkan diri, saya akan pilih habibie.

Apapun yang terjadi di masa lalu, menurut saya Bapak Habibie sudah membersihkan namanya melalui film ini.

Dan akting reza rahardian, keren! Menjadi seseorang yang sangat berbeda dengan castingnya terdahulu. Cara jalan, bicara, mengerutkan dahi. Jenius.

This is, great movie with the great actor!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s