Menyusuri Jalanan Memori

Hari ini saya tidak bawa kendaraan ke kampus. Namun rupanya saya harus melakukan beberapa hal di fakultas lain. Walaupun masih sama-sama berada di sisi humaniora, tetap saja rasanya jauh untuk berjalan ke fakultas-fakultas tujuan.

Dan saya mendadak punya ide untuk mengendarai sepeda kampus. Di kampus saya, sejatinya mobil tidak boleh masuk lingkungan kampus, kecuali kalau memiliki KIK (kartu Identitas Kendaraan). KIK hanya diberikan kepada dosen dan karyawan kampus. Jika tidak memiliki KIK, maka harus diparkir di kantong-kantong parkir, lalu dari kantong parkir, mahasiswa bisa berjalan kaki atau meminjam sepeda kampus untuk menuju fakultas masing-masing.

Berhubung mobil saya memiliki fasilitas KIK, saya tidak pernah parkir di kantong parkir, dan belum pernah mengendarai sepeda kampus. Walaupun sudah sejak lama saya ingin sekali naik sepeda kampus, namun belum pernah keturutan, hingga hari ini.

Jumlah sepeda kampus cukup banyak, tersebar di (kalau tidak salah) 13 titik stasiun sepeda kampus. Kalau ingin pinjam, cukup tunjukkan kartu pengenal/kartu mahasiswa.

Akhirnya saya meminjam sepeda dari stasiun sepeda perpustakaan, letaknya persis di depan gedung pasca sarjana ekonomi. Yihaaaa!

Dan saya jatuh cinta.

Hari ini suasana sangat teduh, mendung, tapi tidak hujan, juga tidak lembab, tidak gerah. Seperti suasana di Bandung belasan tahun lalu.

Kampus saya secara garis besar terbagi dua, di tengah kampus melintas Jalan propinsi yaitu jalan Kaliurang. Kampus yang terletak di sisi timur Jalan kaliurang, biasa disebut sisi humaniora. Hal ini disebabkan karena mayoritas fakultas ilmu sosial (humaniora) ada di sisi timur Jalan Kaliurang. Fisipol, Sastra, Filsafat, Hukum, Ekonomi. Padahal sih di sisi timur ini juga ada Fakultas peternakan, kehutanan, teknik pertanian, dan kedokteran hewan. Namun mbuh, mengapa yang lebih lekat justru sisi Humanioranya.

Sisi barat Jalan Kaliurang dihuni pria-pria tampan dari fakultas teknik, dokter-dokter keren dari fakultas kedokteran, mbak-mbak cantik kedokteran gigi, Geografi, Mipa, trus apalagi ya, lupa. Dan biasa disebut sebagai sisi teknik.

Humaniora dan Teknik.

Demikianlah layout kampus saya.

Dan hari ini ternyata saya harus rapat di Fisipol, lalu Teknik pertanian. Fakultasnya berdekatan, tapi ya namanya kampus, walau judulnya dekat tetap saja tiap fakultas itu luasnya berhektar-hektar, yang artinya saya harus berjalan kaki juga berkilo-kilometer untuk mencapai fakultas tertentu di sisi humaniora.

Jadiiii saya tadi naik sepeda dooong.

Rasanya sangat menyenangkan. Seperti tertarik ke pusaran kenangan beberapa tahun silam.

Apa yang dilihat dari mobil, rasanya berbeda dengan ketika dilihat dari sepeda.

Tahun-tahun berlalu sejak dulu saya kuliah S1. Pohon-pohon sudah tumbuh lebih tinggi dan teduh. Membuat jalanan kampus terasa lebih romantis.

Saat ini antar kampus-kampus di sisi humaniora tidak lagi dibatasi pagar, semua dibuat dengan konsep terbuka dan saling menyatu.

Trotoar/koridor pejalan kaki yang nyaman dan dinaungi atap, membuat kita tidak perlu takut kehujanan ketika sedang berjalan kaki. Juga ada rambu separasi selebar satu meter di sisi kiri jalan, jalur khusus untuk sepeda yang membuat kita merasa aman tidak perlu takut diserempet kendaraan bermotor.

Sekejap saya bermimpi, Tuhan andaikan Indonesia memiliki lapak untuk sepeda dan pejalan kaki semanusiawi ini. Seandainya di Indonesia mobil dan motor kalah pamor dibanding pejalan kaki. Di kampus ini akan sering kita jumpai rambu: “utamakan pejalan kaki dan sepeda.” Pun satpam jika mengatur lalulintas kampus pasti akan mendahulukan sepeda/pejalan kaki yang hendak menyebrang, tidak peduli antrian motor/mobil sudah panjang. Dan tidak ada motor/mobil yang berani menyelak antrian itu.

Sangat rapih, sangat teratur. Sangat teduh, sangat manusiawi. Saya jatuh cinta pada kerapihan dan ketertiban ini.

Andaikan..

lalu ingatkah kamu ketika kita berjalan bergandengan tangan di depan wanagama, di dekat gedung pusat, di depan grha sabha, atau sekedar nongkrong nonton musik di boulevard?

Leave a Reply

