Dua puluh tiga tahun

Galuh dan Arnawama – III

– – – – –

“Jangan pergi.. jangan pergi.. jangan pergi, Wama…”

Aku terbangun dari mimpi buruk. Wajahku basah. Campuran peluh dan airmata. Aku menangis dalam mimpi.

“Wama…” bisikku lirih. Kembali aku terisak.

– – – – –

Sebulan berlalu sejak terakhir aku bertemu Arnawama. Aku rindu. Sangat. Tapi aku tidak kuasa berbuat apa-apa. Hingga hari ini aku masih percaya bahwa entah Wama, atau Ibunya, atau siapapun yang merupakan bangsanya yang menyeret Bapak ke laut. Kuingat hari itu sebelum berangkat melaut, Bapak terburu-buru dan lupa melakukan ritual penghormatan kepada Ratu penjaga laut selatan. Para tetangga kemudian mengkaitkannya dengan kematian Bapak.

Aku tidak tahu mana yang benar atau salah, sejak kecil kami sudah didoktrin untuk menghormati Ratu laut selatan agar beliau tidak murka. Hingga saat ini kerangka berfikirku masih seperti itu. Jangan salahkan pola pikirku. Fakta menyatakan, “Jika membutuhkan 100 tahun untuk membentuk suatu tradisi, maka akan dibutuhkan 100 tahun lagi untuk mengubahnya menjadi tradisi baru.

Jadi jika selama 23 tahun hidupku didoktrin bahwa Ratu laut selatan bisa murka dan mengambil nyawa manusia, maka dibutuhkan 23 tahun lagi untuk diriku mempercayai bahwa Ratu laut selatan tidak berbuat seperti itu. Dan Arnawama, jika ingin merubahku maka kamu harus berada disisiku setiap hari selama 23 tahun, mengulang ucapan yang sama dengan yang dijelaskannya dipantai kala itu. Jika teori itu benar, maka aku akan mulai mempercayaimu saat usiaku 46 tahun.

“Sanggupkah kamu menunggu selama itu, Wama? Atau memang kita tidak seharusnya bersama?” Bisikku pada angin. Sia-sia.

*

Like anyone would be
I am flattered by your fascination with me
Like any hot-blooded woman
I have simply wanted an object to crave

But you, you’re not allowed
You’re uninvited
An unfortunate slight

*Alanis Morissette ~ uninvited

Leave a Reply

